Minggu, 15 Juli 2007

Minggu Hari Yang Diam


Minggu Hari Yang Diam
(Giri)

Kesendirian. Kata itulah yang saat ini menyelimuti perasaan di hati. Banyak orang yang tidak menginginkan satu kata itu hadir dalam kehidupannya. Tapi tidak bagi sebagiannya lagi. Karena kesendirian akan menimbulkan kesepian. Dan kesepian pasti kan melahirkan berbagai macam lagi kosakata-kosakata yang mengerikan. Seperti halnya Nabi Adam ketika berada dalam kesendiriannya. Sepi hidup seorang diri walaupun berada di surga. Maka seketika ia berdoa memohon kepada Sang kuasa agar mengirimnya seseorang guna menemani kehidupannya. Ternyata seindah bagaimana pun surga ketika itu, tetap saja menjadi tempat yang sangat mengerikan bagi seorang manusia jika tiada yang menemani.

Itulah fitrah manusia yang telah diciptakan Allah dengan rasa ketidak mauannya berada dalam kesepian. Artinya manusia itu mempunyai kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain. Lebih tepatnya lagi manusia mempunyai rasa untuk selalu bersama dalam menjalani kehidupannya.

Allah yang bertindak sebagai tuhan kita, memang sangatlah bijaksana. Ia mengetahui bahwa Adam merasa kesepian. Tapi Ia tidak lantas mengirimnya seorang teman dari golongannya sendiri (laki-laki). Allah kemudian menciptakan Hawa yang terbuat dari diri Adam. Bisa dikatakan bahwa Hawa adalah bagian dari Adam. Itulah yang dikatakan belahan jiwa. Maka sungguh tidak mengherankan jika pada jaman ini banyak lelaki mempertaruhkan hidupnya hanya demi wanita. Karena memang para wanitalah yang menjadi jiwanya yang pernah hilang. Belahan hatinya yang sempat berada bukan di dalam jiwanya. Mereka akan terus mencari dan terus akan mencari sampai mendapatkannya. Itulah naluri sang lelaki.

Tapi sebenarnya ada satu kata lagi yang mendasari prilaku itu semua. Cinta. Ya itulah dia. Cintalah yang menjadi penggerak manusia untuk melakukan segalanya. Cinta akan dirinya yang selalu sendiri, cinta kepada orang lain yang selama ini menghilang dalam jiwanya, dan satu lagi yaitu cinta kepada sang Pencipta.

Cintalah yang menggerakan kaum lelaki untuk mencari pasangan dalam hidupnya. Cinta pula yang bisa menghidupkan bumi ini menjadi begitu ramai dengan segala fenomenanya.

Tetapi cinta kadang kala menjadi sesuatu yang sangat berbahaya. Betapa banyak orang yang mati karenanya. Rela harga dirinya tercabik-cabik dengan cakaran tajam cinta semu. Cinta bisa membuat seseorang menjadi buta. Inilah yang dinamakan cinta yang didasari hawa nafsu yang liar. Cinta ini tak lebih dari cintanya para binatang yang hidup di kolong langit. Cinta yang didasari hawa nafsu membawa manusia ke dalam lembah kenistaan.

Lain halnya dengan cinta yang didasari oleh keimanan. Karena keimanan tanpa cinta akan menjadi sesuatu yang diam dan bergerak. Karena iman adalah air di sungai, cintalah arusnya. Karena iman adalah api, cintalah panasnya. Karena iman adalah es di kutub utara maupun selatan, sedangkan cintalah dinginnya. Ketika cinta merasuki keimanan seseorang, seketika ia bergerak dan bergeliar penuh gairah dan vitalitas dalam menjalani kehidupan.

Banyak orang menafsirkan cinta. Berjuta kisah tertoreh atas dasar cinta. Berjuta pena terus mengoreskan matanya karena cinta. Cinta bisa dikatakan sebagai produk basi di setiap masanya. Tapi semua generasi pasti akan terus meresakannya. Maka ketika itu, air mata takan pernah kering tuk menangisinya, berjuta kata takan habis membicarakannya, begitu pun darah yang takan pernah berhenti mengalir demi cinta. Begitulah sekelumit realitas mengenai si “barang basi yang takan pernah basi” ;cinta.

Dengan kekuatan cinta, manusia menjadi lebih berarti. Dengannya juga manusia bisa hidup dalam keterentraman. Duh, kata-kata seperti yang kehabisan ni… … … ini semua gara-gara si hendri yang terus bernyanyi dengan bahasa planet. Ditambah lagi setelah aku membaca novel tante anny yang berbicara mengenai seorang perempuan yang jatuh cinta kepada seorang laki-laki. Tapi anehnya, lelaki itu belum pernah dijumpainya dalam alam yang nyata. Ia hanya bisa menemuinya dalam alam maya; internet, telepon dan sms tentunya. Selama ini ia hanya berkomunikasi melalui kata-kata yang terangkai dalam keyboard di computer atau keypad di hpnya. He he.. … kata-kata memang bisa menjadi mantra sihir yang bisa mempengaruhi orang yang membacanya.

Tidak ada komentar: